Senin, 12 Oktober 2015

Masa Transisi

Hidup itu tidak statis kawan.

Diibaratkan bumi yang terus berputar, akan selalu ada siang dan malam, akan selalu ada musim panas dan musim dingin, juga akan selalu ada kematian setelah kehidupan. Ya begitulah hidup. Alam ini seakan punya hukum yang tak bisa terbantahkan yaitu ‘perubahan’. Dan apa yang disebut perubahan itu kini sedang berproses pada hidupku.

Tak terasa sudah sekitar 2 bulan saya tinggal di jogja. Menjadi seorang mahasiswa baru di kampus yang berjuluk kampus kerakyatan. Awal yang cukup berat,  hidup jauh dari orang tua membuat saya sadar bahwa banyak yang telah saya tinggalkan demi menimba ilmu di kota ini. banyak pengorbanan yang perlu dilakukan demi mewujudkan semua ini. Demi perubahan yang aku idam-idamkan.

Banyak perbedaan yang saya rasakan saat masih berstatus pelajar SMA dan sekarang berstatus sebagai Mahasiswa. Masa-masa yang dulu penuh dengan senang-senang serasa berkurang dan berganti menjadi masa-masa  penuh perjuangan. Perjuangan yang tak mudah. Penuh belokan tajam dan siap untuk menampung segala akibat dari kemalasan yang aku ciptakan.Memang masih terlalu dini, tapi setidaknya saya sudah bisa membaca kedepan bahwa nantinya saya ada disini tidak hanya sekedar kuliah. Tetapi berproses untuk menjadi seorang yang hidup, hidup yang sesungguhnya sekaligus memberikan kebermanfaatan bagi orang lain.  

Namun, perjuangan itu bukan tanpa kesenangan. Mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran dalam waktu yang singkat merupakan keistemewaan dari proses perubahan ini. banyak sesuatu yang hebat dan tak terduga yang saya dapatkan. Bahkan meluangkan waktu untuk di sia-siakan susah untuk diulang kembali. Begitulah hidup saya saat ini. Betapa beruntungnya diberikan kesempatan untuk terseret menjadi orang yang berkembang ke arah yang lebih baik.

Pada akhirnya apa yang saya jalani saat ini akan kembali pada diri saya sendiri. Tangan ini lah yang akan menentukan menjadi apa saya kedepannya nanti. Apakah tetap menjadi orang yang belum hidup atau bertransformasi menjadi orang yang hidup. Semua proses yang sedang terjadi saat masa transisi ini sudah sepatutnya saya apresiasi. Menjadikannya lebih bermakna dalam lingkaran keterbatasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar